Cara ampuh mengatasi VGA yang tidak terdetek/terbaca/rusak/error dan lainnya

Tags

Solusi VGA Card Rusak

cara memperbaiki vga cardVGa card dapat rusak karena berbagai alasan. salah satunya adalah tidak memasang komponen dengan benar di komputer dapat menyebabkan rusaknya vga, tetapi lebih umum, debu dan kotoran adalah penyebabnya. Debu itu sendiri umumnya bukan masalah jika bukan tepat di kipas pendingin chipset vganya, lebih dari itu debu memblokir ventilasi kipas dan mencegah pendinginan untuk suhu vga.

Beberapa hal lain yang dapat menyebabkan kegagalan kartu video adalah Overclocking pada tegangan yang lebih dari standar defaultnya. Jika anda melakukan overclocking dengan tegangan yang sangat tinggi, itu bisa merusak vga ente lebih cepat dari biasanya. Tapi, bahkan ada vga card yang tahan hingga waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Ini juga perlu dicatat bahwa banyak kartu vga kece yang cukup tahan terhadap panas yang berlebihan, tetapi jangan ditiru karena dapat menyebabkan kerusakan ekstra pada kartu, dan bahkan akhirnya bisa consletting. .

Nah, tidak salahnya jika kita bisa memperbaikinya sendiri kan, selain lebih hemat. tentu saja menambah ilmu pengetahuan kita :D.

Ciri Ciri VGA Rusak


1.Lama Pemakaian VGA
sebuah VGA card yang sudah sangat lama (2 - 5 tahun), tentu saja perangkat tersebut mengalami penurunan kinerja dikarenakan faktor penggunaan dan kerja terus menerus. dan harus kita fahami adalah setiap komponen elektronika memiliki umur pakai (terbatas usia pakainya).

2.Salah Dalam Pemasangan
Kerusakan VGA card terkadang terjadi akibat kesalahan dari manusia, contohnya, kesalahan pemasangan/ tidak benar ketika memasangnya pada mainboard. komponen elektronik pada VGA ada yang terlepas, VGA terjatuh atau bahkan terkena cairan.

3.Panas yang berlebih (overheat)
VGA card yang dipakai untuk desain,gaming ataupun mining biasanya bila di pakai terus menerus menimbulkan suhu yang sangat panas. anda mungkin tahu bahwa setiap komponen elektronika memiliki suhu kerja masing-masing, dan ketika komponen tersebut bekerja pada suhu di atas suhu kerja normalnya

Baca juga: 6 Cara mengatasi vga tidak terdeteksi dan tidak mau tampil ke layar

maka hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja dari komponen tersebut. hal tersebut dapat kita rasakan pada performa VGA Card yang mengalami penurunan kinerja ketika overheat. biasanya ciri-cirinya adalah tampilan gambar yang semula normal menjadi patah-patah, terkadang kesalahn penampilan warna, atau bahkan freeze.

4.PSU yang sudah Lemah

Lalu bagaimana cara kerja memperbaiki VGA card yang rusak? pada dasanya kita hanya memanaskan ulang komponen yang berada pada sebuah VGA Card. ada 2 metode yang dapat kita tempuh, yaitu dengan menggunakan HOT AIR GUN atau menggunakan OVEN sebuah panci aluminium.



PERAHATIAN!! ADMIN TIDAK DAPAT MENJANJIKAN 100% TRIK INI DAPAT BERHASIL, LAKUKAN DENGAN HATI-HATI DAN RESIKO DARI TRIK INI ANDA TANGGUNG SENDIRI.

1.Pemanasan VGA Card menggunakan Hot air gun
hot air gun merupakan sebuah alat yang biasanya digunakan dalam kegiatan servis perangkat elektronika, umumnya bisa di jumpai pada servis handphone dan TV.

cara kerja alat ini yaitu dengan meniupkan udara panas yang mampu mencairkan timah, sehingga hanya dengan memanfaatkan uap panas yang ada kita dapat menyambungkan suatu komponen ke sebuah PCB.

Simak juga: 6 Cara Bagaimana Memperbaiki Nilai CPU Usage Bisa Tinggi

Langkah-langkah kerja:

  • Hidupkan alat hot air gun 
  • atur suhu hingga 100 derajat celcius 
  • atur hembusan angin agar tidak terlalu kencang agar ketika hawa panas menerpa PCB, tidak ada komponen yang akan mungkin terlepas karena kencangnya hembusan angin dari hot air gun yang kita gunakan. 
  • lepaskan semua accesoris atau pendingin yang ada pada VGA card 
  • lindungi bagian yang mungkin rawan terbakar atau meleleh sewaktu melakukan proses ini, misalnya kapasitor atau konektor plastik. untuk melindunginya anda dapat menggunakan plat seng tipis yang disesuaikan denga kebutuhan. 
  • panaskan bagian chip memory dan chip VGA/GPU
  • jangan terlalu lama melakukan hal ini, kerena hal utama adalah hanya untuk memanaskan kembali kaki sambungan chip yang terhubung ke pcb. agar solderan tersebut dapat menempel erat kembali. 
service vga card
Bagian VGA Card yang perlu di panaskan 

  • biarkan beberapa saat hingga VGA menjadi dingin 
  • setelah dingin kita pasang kembali perlengkapan VGA tersebut (solder kembali kapasitor pada tempatnya, jangna lupa kutub positif dan negatifnya. pasang kembali heatsink pada tempatnya dan konektor yang sebelumnya kita lepas). 
  • uji coba vga card 

2.Pemanasan VGA Card menggunakan oven atau panci.
ketika kita tidak memiliki hot air gun, kita juga tetap bisa memanfaatkan alat sederhana sehingga trik dan tips ini bisa anda terapkan dengan mudah.

untuk langkah pemanasan VGA Card dengan menggunakan oven adalah sebagai berikut:
  • siapkan oven atau panci terlebih dahulu, apabila menggunakan panci carilah yang memeiliki ukuran yang sesuai dengan VGA Card kalian
  • cabut komponen yang mungkin akan terbakar bila terkena panas berlebih, dan bila perlu menggunakan solder (contohnya konektor fan/kipas, kapasitor biasa (non solid), acessoris VGA yang berbahan plastik) dan jangan lupa lepas heatsink VGA card. untuk konektor DVI atau VGA tidak perlu di cabut, karena bahan plastik konektor ini memang di desain lebih tahan panas. 

tips memperbaiki vga card rusak

  • setelah vga telah bersih dari bahan yang tidak tahan panas apabila terkena panas (lihat contoh gambar di atas), masukkan VGA Card tersebut kedalam oven atau panci (tanpa menggunakan air), bila menggunakan panci jangan lupa tutup panci tersebut. 
  • nyalakan oven dan set hingga suhu 120 derajat celcius, apabila menggunakan panci set api agar jangan terlalu besar (gunakan api sedang). 
  • panaskan VGA Card anda selama kurang lebih 4 menit, jangan terlalu lama. karena apabila terlalu lama dipanaskan maka kemungkinan besar pcb VGA Card dapat terbakar, chip hangus terbakar atau timah yang ada pada pcb mungkin akan terlalu cair sehingga komponen yang ada akan rusak karena saling terhubung secara tidak sengaja. 
  • matikan oven atau kompor yang anda gunakan dan dingginkan vganya
  • setelah dingin kita pasang kembali perlengkapan VGA tersebut (solder kembali kapasitor pada tempatnya, jangan lupa kutub positif dan negatifnya). dan pasang semua pendukung atau accesoris dari vga tersebut
  • uji coba vga card tersebut 

trik memperbaiki VGA Card yang rusak atau bahkan mati total Memang tidak selamanya kedua berhasil ya, namun saya pribadi sudah pernah melakukannya sendiri dan 5 dari 7 vga card yang saya uji coba berhasil hidup dan bekerja normal kembali.

semoga bermanfaat :)

Artikel Terkait