√ Komputer nyetrum kalau dipegang? ini dia solusi mengatasi cpu yang nyetrum

Tags

Penyebab komputer nyetrum - Apakah kamu pernah menemui komputer atau monitornya suka nyeturm jika kesentuh?  ini terjadi karena jalur listrik komputer tidak memiliki ground/grounding.  Perlu  diketahui kabel power  komputer terdiri dari 3 jalur kabel yang memiliki fungsi : 1 kabel yang bermuatan listrik, 1 kabel massa, dan 1 kabel ground.

Lalu yang jadi pertanyaan kenapa casing pc nyetrum?


Jawabanya adalah karena tidak adanya ground/grounding. Kebanyakan Petugas PLN atau tukang listrik dalam memasang jaringan kabel untuk jalur strum di rumah hanya menggunakan kabel yang terdiri 2 kabel saja, yaitu kabel strum dan kabel massa, sedangkan kabel ground tidak dipasang atau hanya disatukan dengan massa.


sehingga bila ada peralatan elektronik yang membutuhkan jalur strum 3 kabel seperti halnya komputer, maka CPU atau monitor tersebut akan dialiri strum dan jika tersentuh maka kamu akan tersengat aliran listrik walau tegangannya kecil ya.


Bahaya ngga sih strum yang nempel pada body CPU?

strum yang keluar dari CPU tegangannya memang tidak terlalu besar dan tidak terlalu berbahaya pada diri anda namun kan bikin kaget jika di sentuh.


baca juga: Cara ampuh mengatasi VGA yang tidak terdetek/terbaca/rusak/error dan lainnya


lalu bagaimana mengatasi cara membuat casing pc tidak nyetrum?

berikut ini jayapcpowerkomputer akan memberikan tipsnya jadi kamu hanya tinggal memasang kabel ground saja, kamu bisa memperbaiki dengan cara menambahkan ground pada instalasi listrik di rumah dengan sendiri tanpa bantuan petugas PLN.


cara mengatasi cpu yang nyetrum
Cara mengatasi casing computer nyetrum!

berikut ini cara agar body CPU komputer tidak nyetrum.


  1. Siapkan 1 buah paku dan kabel secukupnya kira-kira 1-2 meter tergantung kebutuhan, bisa menggunakan kabel apa saja
  2. sambungkan ujung kabel yang satu pada body CPU bisa di satukan dengan baut atau di solder, yang penting menempel
  3. pasang kabel dengan cara melilitkan kabel ujung yang satunya pada paku, kemudian paku tersebut dipasang pada tembok dinding tembok
  4. Lalkukan Test body CPU dengan menggunakan obeng test pen atau multitester.

Jika CPU kamu masih nyetrum juga, kemungkinan tembok kamu kurang baik untuk dialiri listrik yang digrounding, coba pindahkan ke luar rumah, cari besi ukuran 50cm - 1 meter kemudian tanam pada tanah yang lembab atau yang berair, ujung kabel dari CPU tempelkan dan ikat pada besi tersebut.


Demikianlah artikel bagaimana mengatasi cpu yang nyetrum Semoga berhasil dan semoga bermanfaat..

Artikel Terkait

3 komentar

Asli, kalo kaya gini buat engkel bener klo kesetrum. kuat sih enggak. cuma efek kagetnya itu buat cinta hehe. mksih min mau coba dlu