√ 6 Cara Mengatasi A Disk Read Error Occurred Pada Windows XP/7/8/10

Tags

disk error occurred - Apakah kamu pernah mengalami masalah crash pada windows secara tiba-tiba? lalu bagaimana cara mengatasi masalah ketika komputer atau laptop kita tiba-tiba crash biasanya mucul peringatan "A disk read error occurred press CTRL+ALT +DEL to restart" berikut beberapa cara atau tahapan yang bisa kalian ikuti secara sendiri dibawah ini.

Indikasi Awal Error
Crash, merupakan istilah lain untuk komputer yang mati karena harddrive atauu driver yang tidak cocok. Namun 
Crash seperti ini memang cukup berbeda dan membingungkan jika dibanding dengan error yang lainnnya, alasannya adalah karena peringatan yang diberikan tidak menunjukan dimana letak kesalahan atau error yang menyebabkan terjadinya crash sehingga kita tidak tahu bagaimana cara mengobatinya.

lihat juga: 6 Cara mengatasi vga tidak terdeteksi dan tidak mau tampil ke layar

biasanya masalah ini terjadi karena ada kerusakan sistem atau hadware yang ada di hardisk, tak jarang para teknisi service komputer menyarankan untuk mengganti unit hardisk karena sekali kamu terkena masalah ini biasanya akan sering sekali "kambuh-kambuhan".

Penyebab umum dari masalah "a disk read error occurred".

  1. Hardisk tidak terbaca oleh bios. 
  2. Hardisk error (bad sektor). 
  3. Windows bermasalah. 
  4. Kabel hardisk kendor. 

tapi jangan khawatir dulu, karena untuk sebagian kasus kamu tidak perlu menjual /mengganti sama sekali, cukup dengan mengikuti cara-cara yang ada di bawah ini.

1.Cek hardisk dan kabelnya
Ceklah kabel SATA atau IDE dari hardisk ke motherboard, Kabel yang kendor pemasangannya atau rusak menyebabkan kegagalan sitem dalam membaca OS yang ada didalam hardisk.

Cabut kabel Harddisk, pasangkan kembali kabel hardisk dan pastikan juga memasangnya dengan baik dan benar.

2.Resetting / Updating BIOS
solusi yang cukup sederhana ini rupanya memberikan hasil yang cukup baik dalam mengatasi masalah a disk read error occurred press ctrl+alt+del to restart.


a disk read error occurred laptop
  1. nyalakan komputer atau laptop kamu, 
  2. tekan tombol Del atau F2 / F10/F11/F11 (tergantung merk motherboard). 
  3. setelah masuk ke menu bios, kamu cari pengaturan untuk mengubah settingan menjadi default atau lihat gambar diatas
Cara lain untuk mereset BIOS menjadi default adalah dengan mencabut baterai CMOS yang ada di motherboard. caranya dengan mencabut kabel power, lalu buka casing dan cari lokasi baterai CMOS yang ada di motherboard, setelah ketemu, kamu angkat baterai CMOS tersebut.

lepaskan baterai CMOS, setelah tercabut, kamu tekan tombol power selama 10-15 detik dengan keadaan kabel power masih belum tercolok. tujuannya agar tidak ada lagi sisa arus yang ada di kapasitor, setelah itu kamu masukan lagi baterai CMOS seperti semula, colokan kabel power dan coba masuk ke BIOS menu, kamu akan di arahkan untuk mengatur ulang pengaturan dasar sepert waktu tanggal, dll.

3.Memindahkan Hardisk ke Unit PC lain
ini merupakan salah satu cara yang bisa kalian coba untuk mendeteksi kira-kira apa yang menyebabkan komputer atau laptop yang bermasalah. 

caranya cukup sederhana, cukup pindahkan hardisk ataupun hardware yang bermasalah kamu ke unit PC atau laptop lain yang berjalan normal, coba lakukan booting dari komputer tersebut.

4.Harddisk bad sector/rusak
biasa yang teknisi jayapcpower lakukan adalah melakukan cek harddisk menggunakan Hardisk Sentinel yang ada di aplikasi Hiren Boot CD.

untuk cek harddisk dengan cara itu kita bisa mengetahui kesehatan dari harddisk yang kita miliki. untuk harddisk normal pada saat dicek akan menapilkan 100% good disertai penggunaan berapa lama harddisk telah dipakai.

5.Instal Ulang Windows / ganti harddisk
apabila kamu sudah galau cara yang paling mujarap jika cara diatas telah dilakukan adalah melakukan instal ulang.

hal tersebut merupakan cara yang paling ampuh untuk memperbaiki masalah tersebut karena data sistem operasi sobat akan dihapus dan digantikan dengan sistem operasi windows yang baru.

Baca juga:
Cara ampuh mengatasi VGA yang tidak terdetek/terbaca/rusak/error dan lainnya

6.jika malah tambah binggung cara paling ajib adalah bawa ke teknisi komputer terdekat

demikianlah bagaimana mengatasi 6 Solusi Atasi A Disk Read Error Occurred, Press CTRL+ALT+DEL to Restart. semoga bermanfaat bagi kalian semua para pengunjung setia.

Artikel Terkait