3 cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi dan error

Tags


cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi - apakah kamu bingung kenapa keyboard laptop tidak berfungsi? masalah ini memang sering terjadi pada laptop/notebook merk apapun misalnya HP, Asus, Samsung, Lenovo, Toshiba, Dell, acer bahkan laptop sekelas Alienware. Hal ini terdapat beberapa faktor penyebab kenapa keyboard pada laptop tidak bisa di gunakan satu tombol atau bahkan semua tombol yang error.

terdapat beberapa faktor apa penyebab keyboard laptop tidak berfungsi, diantaranya :

  1. Laptop terkena air/kehujanan 
  2. Laptop terbanting/terjatuh 
  3. Driver error/tidak cocok saat pertama install ulang 
  4. debu atau kotoran yang menyumbat 
  5. Umur keyboard yang sudah lama 
  6. keyword memang rusak dan harus diganti 

Jenis Kerusakan dan Solusi Keyboard Error
sepengalaman kami menjadi teknisi komputer ditangerang selatan terdapat kerusakan pada keyboard laptop bermacam-macam, bahkan keyboard laptop tidak berfungsi sebagian. jadi cara penanganannya juga berbeda untuk masing-masing kerusakannya. berikut merupakan kerusakan dan solusinya.

1.Tombol Tidak Bisa Di Tekan
kerusakan ini adalah yang paling sering terjadi pada hampir semua laptop, indikasinya ada beberapa tombol yang tidak dapat di tekan. misalnya tombol F1,2 atau Enter. biasanya, solusi untuk masalah ini cukup sederhana yaitu dengan membersihkan sela-sela keyboard laptop dari debu yang menempel.

caranya 

  1. bersihkan keyboard cukup dengan membalikan laptop 45 sampai 75 derajat kebawah dan sedikit di goyangkan. harap diingat bahwa pastikan laptop sudah dalam keadaan mati dan tidak tercolok dengan arus listrik. 
  2. jika perlu, kamu juga bisa membeli Keyboard vacum Cleaner yang tersedia di toko-toko perlengkapan komputer yang ada di kotamu. 

2.Tombol Keyboard Tidak Berfungsi Lebih Dari Satu

Tombol keyboard seperti tertekan terus menerus
Bunyi "beep" terus menerus
ada beberapa / satu tombol tidak bisa di tekan

Untuk masalah dan solusi yang fiatas bisa dilakukan agak rumit karena harus membongkar keyboard laptopnya
  1. Cabut baterai yang terpasang pada laptop tersebut 
  2. Buka casing laptop atau keyboardnya secara langsung. (harap berhati-hati pada langkah ini) 
  3. Cek satu persatu tombol keyboard yang ada, apakah ada kecacatan dan kerusakan 
  4. Bersihkan permukaan keyboard dengan cairan pembersih seperti alkohol 
  5. kemudian pasang kembali keyboardnya 
  6. Jika gagal maka sudah saatnya di ganti dengan yang baru 
  7. sekarang pasang kembali baterai dan atau chargernya, periksa dengan notepad apakah semua fungsi keyboard bisa di gunakan kembali.

3.Tombol Huruf Menjadi Angka Pada Keyboard Laptop

kasus ini mudah terjadi biasanya jika kita selesai menggunakan keyboard usb atau eksternal keyboard ataupun install ulang dengan cara ghost. kasusnya jika kita menekan tombol (m, j, k , l, u, i, o, ) yang muncul justru angka 6,7,8,9,6,1 dan sebagainya.

hal ini Ini bisa terjadi karena fungsi numlock pada keyboard masih aktif sehingga huruf pada keyboard laptop berubah menjadi angka.

cara memperbaiki keyboard laptop yang error
Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Solusi keyboard error seperti ini cukup mudah, yaitu dengan menekan tombol Fn dan menekan tombol numlock (biasanya ada di bagian atas sederet dengan f1-f12. setelah itu coba di tes kembali.

jika memang masalah tersebut diatas masih terjadi, maka ada dua pilihan yang mengganti dengan keyboard yang baru atau menggunakan keyboard usb eksternal agar tetap bisa mengetik dengan lancar.

Demikianlah pembahasan Cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi ,Jika kamu punya pertanyaan seputar masalah pada komputer dan laptop, kalian bisa mengirim komentar melalui kolom komentar di bawah atau bertanya langsung via email.

Artikel Terkait