√ 11 Trik Cara Bagaimana Mengatasi touch screen tidak berfungsi

Tags

touch screen tidak berfungsi

touch screen tidak berfungsi - Masalah Layar sentuh pada Android memang cukup umum di beberapa pengguna dan ini merupakan pengalaman buruk dalam menggunakan smartphone. 

era teknologi yang cepat di mana ponsel Android telah sangat familiar sekali dikalangan masyarakat khususnya Indonesia. Android OS menempati peringkat ke 1 dan terdiri dari 80% perangkat layar sentuh yang dijual di pasar global. Android dirancang untuk menjadi sistem operasi yang mudah digunakan dan serbaguna untuk perangkat seluler, namun bagaimanapun juga, kadang-kadang cenderung tidak stabil dan banyak masalah.

Memperbaiki Layar Sentuh Android Yang Eror


Disini kita asumsikan bahwa kamu belum pernah dan tidak menjatuhkan ponsel Android kamu atau layar ponselnya rusak atau yang menyebabkan kerusakan fisik pada layar. Berikut ini tips dan cara sederhana yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya.


1.Reboot perangkat
ketika layar kamu tidak merespon atau terlalu lama merespon dari waktu yang biasa, hal ini berkaitan dengan masalah kinerja yang terjadi karena penumpukan cache memori di dalam memori, sehingga menyebabkan layar HP freeze, lag atau hang. Jadi jika kamu menemui masalah seperti ini caranya cukup mudah yaitu hanya dengan mengikuti beberapa langkah mudah dibawah ini.

  1. Tekan Tombol Power dan pilih 'Power Off' untuk mematikan telepon.
  2. Jangan terburu-buru dan tunggu sebentar.
  3. Setelah beberapa menit, tekan kembali tombol daya untuk menghidupkan ulang telepon


2.Melepas baterai
Jika ponsel Kamu memiliki baterai yang bisa dilepas, maka Kamu cukup melepas penutup belakang dan mengeluarkan baterai jika layar sentuh tidak bisa disentuh atau dinyalakan ulang (restart). Diamkan baterai selama beberapa menit dan kemudian pasang kembali dan nyalakan.

3.Melepaskan Kartu SIM dan Kartu Memori
Masalah layar sentuh juga dapat disebabkan karena kartu SIM atau kartu Memori yang rusak, jadi periksalah kartu SIM atau kartu Memori Kamu dengan mengeluarkannya dari telepon, mungkin hal ini bisa membantu Kamu untuk memecahkan masalah.
  1. Pertama, matikan telepon dengan menekan tombol daya.
  2. Sekarang, keluarkan kartu SIM dari slotnya dan lakukan hal yang sama untuk mengeluarkan kartu memori.
  3. Reboot perangkat, lalu periksa apakah masalah telah terselesaikan atau tidak

4.Cek Melalui Safe Mode
Safe Mode adalah partisi boot yang berbeda yang sudah diinstal sebelumnya di ponsel Kamu yang memiliki banyak fungsi berbeda. terutama digunakan untuk mendiagnosis aplikasi yang diinstal pada perangkat android dan memeriksa apakah aplikasi tersebut menyebabkan masalah, dan sekaligus mengkonfirmasi Jika ada masalah dengan aplikasi pihak ketiga yang telah Kamu instal. 

Smartphone akan bekerja dengan lancar saat dalam mode safe mode karena cenderung menonaktifkan semua aplikasi dan layanan pihak ketiga sekaligus. Ini memungkinkan Kamu untuk memeriksa masalah yang ada dan menghapusnya dari perangkat yang sesuai. Perhatikan bahwa jika ada masalah dengan aplikasi atau layanan yang sudah diinstal sebelumnya.
  1. Kamu dapat masuk ke mode safe mode dengan terlebih dahulu Mematikan HP
  2. Tekan dan tahan tombol power hingga ponsel bergetar
  3. Tergantung pada merk dan model Hp yang digunakan, biasanya dengan menekan tombol Volume Up atau Down sekali untuk masuk ke Safe mode.
  4. Samsung, LG, Nexus, dan banyak merek biasanya dengan cara menekan tombol Volume bawah untuk masuk ke safe mode, sementara HTC, Vivo, dan lain-lain dengan tombol Volume Up
  5. Kemudian cari menu 'Safe Mode' pada kiri bawah layar sentuh android kamu


Baca juga: Tidak Bisa Like Foto Atau Video Di Instagram ? Begini Cara Mengatasinya

5.Menginstal aplikasi Anti-virus
Jangan sangka loh virus atau malware dapat menimbulkan ancaman serius pada kinerja system androidmu. Karenanya menginstal aplikasi Anti-virus atau Anti-malware dapat membantu meangamanan ponsel Kamu. Jadi silakan men-download aplikasi antivirus dari Google Play Store yang tersedia baik secara gratis dan layanan berbayar. Setelah Kamu menginstalnya, jalankan full scan untuk memeriksa masalah pada HP kalian, serta memeriksa setiap virus dan malware dan mengambil langkah dengan menghapus virus tersebut.

6.Mengkalibrasi layar sentuh ponsel 

Kamu bisa menemukan banyak sekali aplikasi di Google Play Store yang dapat mengkalibrasi layar sentuh ponsel / tablet Kamu dan meningkatkan akurasi dan responsnya. Aplikasi ini sangat membantu jika layar sentuh Kamu merespons terlalu lambat atau tidak akurat. Ketik saja dengan keyword "kalibrasi layar sentuh" pada bilah pencarian Play Store maka kamu akan menemukan beberapa hasil aplikasi yang telah user lain gunakan. Jangan lupa juga membaca ulasan dengan saksama sebelum mengunduh aplikasi tersebut.

7.Menghapus Cache memory

Beberapa touch screen memiliki masalah seperti freeze, lag, hang atau tidak responsive, Hal ini biasa disebabkan karena cache memori yang banyak dan secara teratur menumpuk seperti tumpukan sampah, jadi lakukanlah Maintance dengan cara menghapus atau membersihkan cache secara teratur dari perangkat Android Kamu.
Kamu dapat menghapus memori cache ponsel dengan membuka
'Pengaturan> Aplikasi' dan kemudian buka aplikasi satu per satu dan mengosongkan cache untuk setiap aplikasi


Cara lain adalah pergi ke 'Pengaturan> Penyimpanan' dan pilih pada memori cache

Menghapus cache adalah pilihan yang baik dan wajib dilakukan setidaknya sekali seminggu.

Atau dengan cara masuk pada recovery mode dengan cara:

  1. Langkah pertama matikan smartphone kamu
  2. Setelah itu,tekan tombol 'Power' dan 'Volume Up' atau 'Volume Down' bersama-sama
  3. Tahan tombol sampai Hp bergetar dan menampilkan logo Android di layar
  4. Lepaskan tombol setelah Kamu masuk ke mode recovery
  5. Pilih menu 'hapus partisi cache' dengan tombol Volume up atau down untuk menggeser keatas dan kebawah lalu pilih dengan menekan tombol Power
  6. Setelah itu lakukan reboot perangkat dan semoga, langkah itu akan memperbaiki masalah touchscreen kamu

8.Melakukan reset pabrik
Melakukan Reset pabrik tidak mengapa, namun hal ini akan menghapus semua data-data kamu di HP. Jadi, menggunakan metode ini adalah pilihan terakhir ya… dan jika memungkinkan cadangan dulu ke akun Google Kamu saat ini.

opsi reset pabrik tersedia dalam mode recovery mode, jadi ikuti langkah masuk menu recovery mode dengan cara nomor 7 kemudian lanjut dengan cara dibawah ini:

  1. setelah Kamu masuk ke recovery mode, scroll keatas atau ke bawah menggunakan tombol Volume up/down dan memilih menu dengan menekan tombol power.
  2. selanjutnya adalah pilih 'wipe data/factory reset' dan kemudian, tekan 'Ya, Hapus semua data'.
  3. selanjutnya telepon akan diminta untuk reboot

FDR (Factory Data Reset) menggunakan built-in fitur
Ada metode sederhana yang dapat Kamu gunakan untuk me-reset telepon ke pengaturan pabrik yaitu dengan cara:

  1. Pastikan Baterai Smartphone Kamu Full kemudian pergi ke Pengaturan
  2. Cari menu 'Cadangkan dan Reset' dan kemudian, tekan tombol 'Reset'
  3. Pilih 'Hapus Segalanya' dan setel ulang perangkat

9.Menguji layar sentuh
Memeriksa layar sentuh, G-sensor, proximity dan sensor cahaya, audio, dan fitur lainnya melalui built-in aplikasi kalibrasi Handphone tertentu dengan beberapa kode dialer yang telah jayapcpowerkomputer sebutkan di bawah ini:

  • Untuk Samsung, kodenya * # 7353 #
  • Untuk Sony Xperia, kodenya * # * # 7378423 # * # * atau * # * # SERVICE # * # *.
  • Untuk HTC, kodenya * # * # 3424 # * # *.

  1. Masukkan kode dan secara otomatis akan mengarahkan Kamu ke mode kalibrasi
  2. Pilih layar sentuh dan pilih 'Jalankan'
  3. lalu buat gambar atau garis pada layar sentuh di seluruh area lebar dan tinggi layar, periksalah apakah saat menggambar garis touchscreen bekerja dengan benar atau tidak.

Lihat juga: 5 Langkah mengatasi Wifi Android yang tidak bisa on,error,connect dan tidak berfungsi

10.Mengetuk Layar Sentuh (Opsi)
Bukalah Pelindung Layar jika Kamu memakainya. Sekarang, dengan lembut ketuk setiap sudut layar sentuh Kamu untuk memastikan bisa atau tidak, karena terkadang kabel layar digitizer pada sambungan ke motherboard android kendor, namun ini merupakan kasus yang jarang terjadi.
Jika Kamu masih tidak dapat membuat layar sentuh berfungsi, mungkin waktunya untuk mengklaim garansi, proses ini memerlukan waktu yang panjang tetapi masih berfungsi jika masih berlaku tentunya.

11.Mengganti layar Sentuh
Karena langkah dan tips dan sudah dilakukan dan tidak membuahkan hasil,Langkah terakhir adalah mengganti layar touchscreen kamu, yup ini tentunya memerlukan biaya. coba saja cari beberapa pusat layanan yang baik di dekat tempat kalian untuk layanan pergantian touchscreen hp android atau mencari melalui google maps dan mencari ulasan terbanyak. Semoga membantu :).

Artikel Terkait