√ 6 Langkah cara menghilangkan virus di komputer

Tags

cara menghapus virus di komputer

membersihkan komputer dari virus - apakah perangkat android,komputer,laptop,tablet kamu sering terhubung dengan internet? hal ini memang tidak menutup kemungkinan perangkat tersebut akan terus di intai dengan yang namanya virus. apalagi kalau komputer atau gadget kita terserang virus, bisa berabe dah urusannya. kenapa? karena, hal tersebut dapat memungkinkan kehilangan data-data penting yang anda miliki di ponsel cerdas serta sistem operasi yang kamu miliki menjadi rusak.

khusus untuk pengguna pc dan laptop kali ini jayapcpower akan memberikan 6 tips bagaimana cara menghilangkan virus di komputer, yuk disimak. .

cara membersihkan virus komputer

1.Install dan update anti virus

Apakah Laptop kamu sudah terpasang antivirus? Ada banyak antivirus yang memiliki kehandalan dalam hal mendeteksi dan menghapus virus yang bisa kamu gunakan, antara lain Ms security essential,Avira, AVG, Kaspersky, Norton, dan lainnya.

sangat disarankan sekali melakukan update antivirus yang sudah terpasang. hal ini berguna untuk memperbarui file database antivirus sehingga dapat mengidentifikasi nama virus baru dan yang kemudian dapat dihapus.


namun terkadang virus yang sudah banyak sekali dan terlalu ganas biasanya membuat antivirus kalah dengan virus yang sudah menggrogotinya.


2.Booting Safe Mode

Coba lakukan Booting dengan Safe Mode with Networking, caranya dengan Restart komputer kemudian tekan F8 sebelum Windows loading. Dengan melakukan safe mode memunkinkan program yang terinfeksi atau malware tidak aktif karena Windows hanya menggunakan file dan driver yang terbatas.

3.Download dan update Antivirus
Setelah kamu booting Wndows dengan Safe Mode with Networking, Lakukan Update antivirus dengan internet untuk mendownload dan update security program, misalnya Ms security essential. Kemudian lakukan scan dengan tools tsb.

4. Boot dengan Kaspersky Rescue Disk 10

cara lain selain cara di atas adalah dengan Kaspersky Rescue Disk 10. Kaspersky Rescue Disk 10 diciptakan untuk melakukan scan dan menghapus virus atau malware yang tidak bisa dihapus dengan aplikasi anti virus atau malware removal yang bekerja di bawah operating system.

dengan melakukan booting dari CD atau Flashdisk yang sudah dibuat bootable. kamu bisa leluasa menscan dan menghapus virus yang bersarang di komputer kamu. namunb untuk booting ,setiap merk komputer atau laptop memiliki tombol yang berbeda untuk menampilkan boot option sebelum Windows loading, ada yang dengan tombol F9, F10, F11, F12. cara lain bisa digunakan adalah menjadikan frist boot melalui BIOS.

5.Install Ulang Windows
Jika virus sudah terlalu banyak memakan operating system dan tetap menyebabkan lambat atau hang setelah virus dihapus, maka lakah yang dilakukan instal ulang Windows (operating system). Namun perlu diingat, data-data penting di-backup terlebih dahulu.

6. Cek harddisk

cara menghilangkan malware - Beberapa virus dan malware bisa menyebabkan kerusakan pada harddisk. Jika virus sudah dihapus dan dilakukan instal ulang sistem operasi namun masih lambat bahkan hang, sebaiknya kamu melakukan pengecekan terhadap kondisi harddisk tersebut. 


baca juga: Tutorial cara cek bad sector hardisk atau rusak dengan Hiren's BootCD

Untuk memperbaiki komputer yang sudah dipastikan harddisknya rusak, tidak ada cara lain selain adalah menggantinya.

Demikianlah artikel cara menghilangkan virus di komputer ini semoga bermanfaat. jangan lupa komen dan sharenya jika artikel ini bermanfaat.

Artikel Terkait